Minggu, 11 Maret 2012

Penyusunan Program Bp di Madrasah

2. PROGRAM PELAKSANAAN BP DI MADRASAH
SMA                           :
TAHUN AJARAN     :
No.
Rincian kegiatan
Tujuan
Waktu pelaksanaan
Sasaran
Pelaksana
Sarana

(1)
(2)
(3)
(4)
(5)
(6)
(7)
1.















































2.
































































































































































































3.





























































4.













5.














6.





























7.
PENYUSUNAN PROGRAM BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
1.1.Persiapan
1.1.1. Studi kelayakan




1.1.2. Menyusun program bimbingan dan penyuluhan (tahunan, semesteran, dan mingguan)



1.1.3. Konsultasi tentang usulan program bimbingan dan penyuluhan







1.1.4. Penyediaan fasilitas




1.1.5. Penyediaan anggaran biaya





1.1.6. Pengorganisasian








PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
2.1. Layanan pengumpulan data



2.1.1. Mengumpulkan data tentang aspek-aspek.
a.    Psikis






1)   Inteligensi


2)   Bakat khusus


3)   Bakat sekolah


4)   Minat



5)   Kepribadian


6)   Hasil belajar


b.    Fisik









c.    Keadaan keluarga





d.   Hubungan social





e.    Riwayat Pendidikan



2.1.2. Menyusun Data




2.1.3. Mencatat Data




2.1.4. Menyimpan Data




2.1.5. Menyediakan Data





2.1.6. Menafsirkan Data




2.1.7. Melengkapi dan meninjau kembali data



2.2. Layanan penyuluhan








2.2.1   Analisis data (pengumpulan data)








2.2.2   Sintesis





2.2.3   Diagnosis


2.2.4   Prognosis




2.2.5   Penyuluhan



2.2.6   Tindak lanjut



2.3      Layanan bantuan kesulitan belajar siswa


2.3.1   Identifikasi masalah
2.3.2   Diagnosis
2.3.3   Prognosis
2.3.4   Penyuluhan
2.3.5   Tindak lanjut

2.4      Layanan orientasi dan penyajian informasi
2.4.1   Orientasi kehidupan disekolah




2.4.2   Orientasi kehidupan diperguruan tinggi





2.4.3   Informasi tentang cara belajar







2.4.4   Informasi tentang pemilihan program



2.5      Layanan penempatan
2.5.1   Pembentukan kelompok belajar


2.5.2   Penempatan dalam program pilihan




2.5.3   Penempatan dalam studi sambungan




2.6     Layanan rujukan



EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN PENYULUHAN


3.1     Mendesain evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan
3.1.1   Persiapan
a.    Menetapkan aspek-aspek yang dievaluasi
b.    Menetapkan kriteria keberhasilan evaluasi
c.    Menentukan alat-alat/ instrument yang digunakan
d.   Menentukan prosedur evaluasi
e.    Menetapkan tim evaluator
f.     Menentukan waktu kegiatan evaluasi

3.2     Menyusun alat-alat/ instrument evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan

3.2.1   Memilih alat-alat evaluasi yang ada atau menyusun dan mengembangkan alat-alat evaluasi
3.2.2   Penggandaan alat-alat/ instrument evaluasi

3.3     Pelaksanaan kegiatan evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan



3.3.1   Persiapan pelaksanaan kegiatan evaluasi
3.3.2   Pelaksanaan kegiatan evaluasi

3.4      Analisis hasil evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan

3.4.1   Tabulasi data
3.4.2   Analisis hasil pengumpulan data

3.5      Penafsiran hasil dan pelaporan hasil evaluasi pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan

3.5.1   Penafsiran hasil (konklusi)
3.5.2   Pelaporan hasil


MELAKSANAKAN ANALISIS HASIL  PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN  PENYULUHAN
4.1      Menganalisis hasil pelaksanaan BP
4.1.1   Tabulasi data
4.1.2   Analisis hasil pengumpul data
4.2      Penafsiran hasil dan pelaporan hasil pelaksanaan analisis
4.2.1   Penafsiran hasil (konklusi)
4.2.2   Pelaporan hasil

TINDAK LANJUT PELAKSANAAN PROGRAM BIMBINGAN DAN PENYULUHAN
5.1      Memanfaatkan hasil pelaksanaan bimbingan penyuluhan
5.1.1   Memilih alternatif yang paling tepat untuk tindak lanjut
5.1.2   Menyusun program tindak lanjut
5.1.3   Melaksanakan program tindak lanjut

MEMBIMBING SISWA DALAM KEGIATAN EKSTRA KULIKULER
6.1  Menyiapkan perencanaan penyusunan program dan pengaturan pembiayaan

6.1.1   Menyiapkan rencana program
6.1.2   Pengaturan pembiayaan

6.2  Menetapkan waktu, objek dan kondisi lingkungan


6.2.1   Menetapkan jadwal pelaksanaan
6.2.2   Menetapkan objek kegiatan
6.2.3   Menetapkan kondisi lingkungan

6.3  Mengadakan evaluasi terhadap hasil-hasil kegiatan siswa

6.3.1   Menilai terhadap hasil kegiatan siswa
6.3.2   Menilai kegiatan siswa secara langsung

PELAKSANAAN BIMBINGAN KARIER SISWA
7.1  Menyusun Program Bimbingan karir
7.1.1   Persiapan
a.    Studi Kelayakan



b.    Penyusunan   Program





c.    Penyediaan Fasilitas



d.   Pengorganisasian




e.    Pertemuan petugas BK dengan staf sekolah yang terkait


f.     Penyediaan Paket

7.1.2   Pelaksanaan Bimbingan Karir
a.    Pemberian Informasi tentang pelaksanaan bimbingan karier


b.    Ceramah dari tokoh berkarier




c.    Kunjungan Pengumpulan Informasi




d.   Mengumpulkan Informasi Jabatan


e.    Membuat peta dunia kerja




f.     Konsultasi dan penyuluhan karier



7.1.3   Pelaksanaan BK dengan Paket di kelas





7.1.4   Pelaksanaan BK di ruang BP




7.1.5   Pelaksanaan BK di luar sekolah




7.2  Penilaian dan tindak lanjut
7.2.1   Penilaian hasil kegiatan BK di kelas dan tindak lanjutnya


7.2.2   Penilaian hasil kegiatan BK di ruang BP dan tindak lanjutnya

7.2.3   Penilaian hasil kegiatan BK di luar  Sekolah



7.2.4   Penilaian program BK secara keseluruhan




Mengumpulkan informasi tentang berbagai hal yang dibutuhkan untuk penyusunan program bimbingan dan penyuluhan.

Merumuskan masalah dan tujuan, cara pencapaiannya, struktur, personalia





Membahas usulan program bimbingan dan penyuluhan sehingg dapat betul-betul diterapkan dalam praktek






Agar tersedia fasilitas fisikdan teknis yang menunjang pelaksanaan bimbingan dan penyuluhan


Agar tersedia anggaran biaya yang memadai dalam pos-pos pembiayaan personil , pengadaan dan pengembangan alat-alat teknis, biaya operasional biaya penelitian


Mengatur cara kerja atau mekanisme kerja petugas BP dalam pelaksanaan layanan BP









Memperoleh data selengkapnya tentang individu siswa dan lingkungannya



Untuk mengetahui aspek-aspek intelektual, bakat khusus, kemampuan sekolah, hasil belajar, minat dan kepribadian masing-masing siswa.


Untuk mengetahui aspek-aspek intelektual siswa.

Untuk mengetahui bakat-bakat yang dimiliki masing-masing siswa

Untuk mengetahui bakat-bakat sekolah masing-masing siswa

Untuk mengetahui minat-minat yang diinventerisasikan masing-masing siswa

Untuk mengetahui aspek-aspek kepribadian masing-masing siswa

Untuk mengetahui prestasi belajar yang dimiliki siswa

Untuk memperoleh data-data tentang ciri-ciri keadaan tubuh, tinggi badan, berat badan, dan cacat tubuh.






Untuk mengetahui jumlah saudara, status social ekonomi, tingkat pendidikan orang tua/ keluarga serta fasilitas yang tersedia dalam keluarga

Untuk mengetahui hubungan siswa dalam pergaulan




Untuk mengetahui  hasil/ prestasi yang pernah dicapai


Untuk memperoleh data informasi yang lengkap dan memadai tentang individu siswa dan lingkungannya


Menginventarisasikan data secara sistematis.



Untuk menempatkan data secara sistematis



Untuk menyediakan data bagi yang memerlukan




Untuk memberikan kesimpulan tentang data yang dimiliki masing-masing individu siswa.


Untuk menyediakan kembali data yang belum dianggap memadai



Untuk membantu individu siswa dalam mengatasi/ memecahkan masalah pribadi dengan menggunakan potensinya sendiri seoptimal mungkin sehingga individu siswa dapat mencapai tujuan pendidikan sesuai dengan bakat-bakat dan minat-minatnya

Untuk memahami kehidupan individu, yaitu dengan pengumpulan data dari berbagai sumber






Untuk menghubungkan dan merangkum data sehingga tampak dengan jelas gejala atau keluhan-keluhan siswa hal-hal yang melatarbelakangi masalah siswa

Untuk menentukan masalah atau mengidentifikasi masalah siswa

Untuk meramalkan akibat yang mungkin timbul dari masalah itu dan menunjukkan perbuatan-perbutan yang dapat dipilih

Untuk memberikan bantuan pemecahan masalah melalui wawancara penyuluhan

Untuk menetapkan efektif tidaknya suatu usaha penyuluhan yang telah dilaksanakan 

Agar setiap siswa dapat memperoleh keberhasilan dalam belajar secara optimal sesuai dengan potensinya








Agar para siswa memperoleh gambaran mengenai kehidupan disekolah yang baru dimasukinya meliputi struktur, tata tertib sekolah


Agar para siswa mengenal kehidupan diperguruan tinggi, mengenai jenisnya, syarat-syarat memasuki, cara belajar, dan kegiatan kemahasiswaan diperguruan tinggi

Agar para siswa memahami cara belajar yang efektif terutama dalam hal: cara membagi waktu, cara menyusun jadwal kegiatan belajar harian, mingguan, semesteran, cara memilih teknik-teknik belajar yang tepat.


Agar para siswa mengenal jenis-jenis program dan persyaratannya serta dapat memilih program sesuai dengan ppotensi yang dimilikinya.


Agar siswa dapat belajar dalam suasana kebersamaan dengan teman-temannya

Agar siswa dapat belajar sesuai dengan potensi yang dimilikinya




Agar siswa mampu memilih studi sambungan yang sesuai dengan potensi dan minatnya



Agar siswa selalu berada dalam kondisi baikdalam aspek fisik dan psikis

Untuk mengetahui daya guna dan hasil guna pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan disekolah

Agar memiliki rancangan evaluasi pelaksanaan program BP yang sistematis















Agar memiliki alat-alat/ instrument yang tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan program BP








Agar dapat mengambil keputusan yang berkenaan dengan pengelolaan, proses, dan hasil-hasil dari kegiatan pelaksanaan program bimbingan dan penyuluhan






Agar data yang diperoleh dapat memberikan gambaran secara menyeluruh tentang pelaksanaan program BP




Untuk membandingkan analisis dengan kriteria keberhasilan dan kemudian menefsirkan dengan kode-kode tertentu, serta melaporkan hasil penafsiran




Untuk mendapatkan hasil dalam rangka perbaikan program selanjutnya











Agar dapat memanfaatkan pelaksanaan BP lebih lanjut
















Agar tersusun program yang terencana dan sesuai dengan alokasi waktu dan anggaran biaya yang tersedia




Agar pelaksanaan kegiatan dapat dilaksanakan dengan sesuai dengan waktu yang tersedia dan objek yang menjadi sasaran







Agar dapat memberikan penilaian terhadap hasil dari kegiatan siswa secara objektif










Mengumpulkan data-data / informasi tentang berbagai hal yang diperlukanuntuk penyusun program

Merumuskan masalah dan tujuan, serta cara pencapaiannya, personalia, fasilitas, anggaran biaya yang diperlukan dan usulan kegiatan

Agar tersedia fasilitasdan teknis untuk menunjang pelaksanaan program bimbingan karier

Mengatur cara kerja kegiatan bimbingan karier



Membahas petugas BK yang akan yang akan disusun sehingga program BK betul-betul dapat dilaksanakan dalam praktek





Menyampaikan keterangan tentang BK agar semua pihak yang terlibat memahami peranan dalam pelaksanaan BK

Agar siswa memahami secara mendalam tentang pengalaman, usaha, hambatan dan keberhasilan dari tokoh berkarier


Agar siswa mendapatkan keterangan tentang seluk-beluk kehidupan dan dunia kerja dari perusahaan instansi yang dikunjungi


Agar siswa mendapatkan berbagai informasi keterangan yang terbaru dan benar tentang aspek jabatan

Agar siswa dapat mengenal berbagai macam pekerjaan yang terdapat di lingkungan sekitarnya dan menyusunnya secara sistematis untuk mempermudah pemahaman

Agar siswa dapat memilih karier secara tepat



Memberikan Informasi tentang pemahaman diri, nilai-nilai lingkungan, hambatan dan cara mengatasi serta perencanaan masa depan


Rapat koordinasi tentang pelaksanaan BK dengan pihak-pihak yang tekait mengolah data, menyusun program, penyuluhan dengan siswa

Mengumpulkan informasi karier dalam masyarakat, memberikan informasi pada guru, orang tua, masyarakat tentang pelaksanaan BK


Agar petugas BK mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan di kelas dan usaha-usaha mengatasi hambatan

Agar petugas BK mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan BK di ruang BP dan usaha-usaha mengatasi hambatan
Agar petugas BK mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan BK di luar sekolah  dan usaha-usaha mengatasi hambatan

Agar petugas BK mengetahui tingkat keberhasilan keseluruhan program BK dan usaha-usaha mengatasi hambatan-hambatannya




Awal tahun ajaran



Awal tahun ajaran






Awal tahun ajaran








Awal tahun ajaran



Awal tahun ajaran





Awal tahun dan / awal semester yang bersangkutan








Awal tahun ajaran




Tiap enam bulanatau minimal 1 kali selama mengikuti pendidikan

Tiap enam bulan


Awal tahun


Awal tahun ajaran

Priodik



Priodik


Priodik


Minimal 2x setahun








· Persemester
· Pertahun




· Priodik





· Awal tahun ajaran


· Setelah pengumpulan data


· Setelah pengumpulan data


Rutin




Apabila diperlukan




Apabila diperlukan



Awal tahun




Kontinue/ kalau perlu







































·   Setiap akhir semester bersangkutan









·   Awal tahun ajaran baru




·   Awal kelas III






Awal tahun ajaran kelas 1







Akhir semester II




Sesuai dengan keperluan


Akhir semester II




Semester V





Setiap saat diperlukan







Setelah program dilaksanakan
















Setelah fase persiapan









Setelah persiapan dan tersedianya instrument







·   Setelah data terkumpul






Setelah analisis data







Setelah data terkumpul


Setelah data terkumpul








Akhir tahun

















Setiap saat diperlukan

















Setelah kegiatan












Awal tahun ajaran


Awal tahun





Awal tahun ajaran


Awal tahun ajaran



Awal tahun ajaran







Awal tahun ajaran



Setiap saat diperlukan




Setiap saat diperlukan





Satu kali sebulan


Sebulan sekali





Bila perlu




Kontinue






Setiap saat diperlukan




Setiap saat diperlukan





Akhir semester/ akhir tahun ajaran


Akhir semester/ akhir tahun ajaran

Idem




Akhir tahun




Sekolah




· petugas BP
· guru bidang studi
· wali kelas
· siswa program BP

· Kepala sekolah
· Petugas BP
· Wali kelas
· Guru bidang studi
· Tenaga yang terkait

  sekolah




· Sekolah
· BP 3




Kepala sekolah










·  Siswa
·  Keluarga




·  Siswa






·  Siswa


·  Siswa


·  Siswa


·  Siswa



·  Siswa


·   Siswa

·   Siswa









·   Siswa
·   Orang tua




·   Siswa
·   Teman
·   Guru
·   Orang tua

·   Siswa
·   Guru
·   Orang tua

·   Siswa




















·   Siswa




·   Siswa
·   Guru
·   Orang tua


·   Siswa








·   Siswa









·   Siswa





·   Siswa


·   Siswa




·   Siswa







·   Siswa











·   Siswa





·   Siswa






·   Siswa








·   Siswa





·   Siswa



·   Siswa





·   Siswa





·   Siswa








·   Program

















·   Program










·   Program










·   Data







·   Tabulasi data







·   Data
·   Sumber data

·   Data









·   Program

















·   Siswa







·   Siswa










·   Siswa












·   Sekolah



·   Sekolah





·   Sekolah



·   Kepala sekolah



·   Semua personil yang terkait





·   Semua personil yang terkait

·   Siswa







·   Siswa






·   Siswa



·   Siswa





·   Siswa






·   Siswa






·   Siswa
·   BK




·   Siswa






·   Program BK di kelas


·   Staf BP


·   Idem




·   Program BK




Petugas BP




·  Petugas BP
·  Kepala sekolah




·  Petugas BP
·  Kepala sekolah







Kepala sekolah



Kepala sekolah





·  Petugas BP
·  Kepala sekolah









·  Petugas BP





·  Petugas BP






·  Petugas BP


·  Petugas BP


·  Petugas BP


·  Petugas BP



·  Petugas BP


·   Guru bidangstudi
·   Petugas BP
·   Petugas Kesehatan







·   Petugas BP





·   Petugas BP dan Guru




·   Petugas BP



·   Petugas BP
·   Petugas Adminis trasi BP

·   Petugas BP
·   Petugas Adminis-trasi

·   Petugas BP dan Adminis-trasi BP

·   Petugas BP
·   Petugas Adminis-trasi BP

·   Petugas BP
·   Guru
·   Kepala sekolah

·   Petugas BP
·   Guru
·   Kepala sekolah

·   Petugas BP (penyuluh)






·   Penyuluh









·   Penyuluh





·   Penyuluh


·   Penyuluh




·   Penyuluh







·   Petugas BP
·   Guru










·   Kepala sekolah,
·   Walikelas,
·   Guru


·   Nara sumber dan PT
·   Petugas BP



·   Petugas Bp







·   Petugas BP





·   Petugas BP



·   Petugas BP





·   Petugas BP





·   Petugas BP
·   Guru
·   Tenaga Ahli





·   Petugas BP

















·   Petugas BP










·   Petugas BP
·   Petugas Administrasi BP







·   Petugas BP







·   Tim evaluator







·   Tim analisis


·   Tim









·   Kepala sekolah
·   Petugas BP















·   Guru
·   Wali kelas
·   Petugas BP
·   Kepala sekolah



·   Tim










·   Tim












·   Petugas BP



·   Petugas BP
·   Tim




·   Kepala Sekolah


·   Petugas BP
·   Wali kelas



·   Petugas BK
·   Kepala sekolah





·   Petugas BK
·   Kepala sekolah


·   Nara sumber




·   Perusahaan instansi





·   Petugas BK



·   Petugas BK





·   Petugas BK




·   Guru BP






·   Kepala Sekolah, Guru, Guru BP, dll


·   Nara sumber, orang tua




·   Petugas  BK



·   Petugas  BK


·   Idem




·   Petugas  BK










· Kurrikulum
· Kalender pendidikan




· Usulan program BP








Format usulan pengadaan fasilitas

Format usulan pengadaan anggaran biaya


· Stuktur organisasi BP
· Kalender pendidikan
· Jadwal pelajaran semester bersangkutan



Tes Nontes





 Tes dan inventori





 Tes intelegensi

 Tes Bakat


Tes bakat sekolah

Inventori Minat


· Tes/inventori kepribadian

Tes buatan guru

Alat ukur berat dan tinggi badan serta surat keterangan petugas kesehatan.
· Angket, Observasi

· Home visit
· Wawan-cara
· Angket
· Observasi


· Sosiometri
· Wawancara
· Observasi


· Dokumen



· Tabulasi data siswa



· Kartu pribadi dan files



· File, filling




· Kartu pribadi dan Files




· Konferansi kasus



· Tes
· Inventori
· Wawan-cara
· Angket

Data-data/ informasi tentang individu siswa dan lingkunganny
· Wawancara penyuluhan
· Kartu pribadi
· Nilai rapor
· Hasil tes psikologis
· Cacatan Anekdot
· Pedoman wawancara /Observasi

· Data dari analisis




· Data sintesis


· Data diagnosis


· Wawan-cara penyuluh
· Nasihat





· Hasil tes inteligensi
· Raport siswa









· Tata tertib sekolah
· Struktur Organisasi sekolah

· Pandua n belajar keperguru-an tinggi



· Buku panduan cara belajar yang efektif.





· kurrikulum





· Angket sosiometri


· Daftar nilai rapor
· Hasil tes psikologi
· Angket

· Daftar nilai Hasil tes psikologi
· Wawancara

· Rekomendasi sekolah







· Cekllis ruang lingkupdan sarana















· Ceklis
· Pedoman observasi kegiatan







· Ceklis
· Pedoman observasi kegiatan







· Statistik
· Non-statistik






· Format dan criteria keberhasilan






·  Format













· Program

















· Kalender pendidikan
· Jadwal pelajaran




· Program










· Kriteria penilaian















· Kalender Pendidikan




· Format Usulan


· Kurikulum
· Kurikulum
· Struktur Organisasi

· Kurikulum







· Ceramah
· Rapat
· Informasi


· Ceramah
· Informasi
· Alat bantu pandang dengar

· Karyawisata
· Informasi tatap muka
· Ceramah
· Brosur

· Ceramah
Modul   BK
· Brosur

· Karyawisata
· Informasi




· Konsultasi
· Penyuluhan
· KJL
· KJN

· Paket BK





· Usulan Program, Data, dsb



· Program BP/BK





· Program
· Hasil-hasil Pelaksanaan BK

· Program
· Hasil Pelak-sanaan BK
·   Idem




·   Program
·   Hasil Karyawisat
·   Hasil Ceramah dan Nara Sumber
·   Hasil pelaksanan paket BK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar